Cara membedakan lantai kayu Merbau dan Jati

Cara membedakan lantai kayu Merbau dan Jati - lantai kayu adalah salah satu jenis lantai yang cukup menarik untuk diperbincangkan karena dari segi bentuk dan bahan, lantai satu ini memang benar-benar antimainstream.
Cara membedakan lantai kayu Merbau dan Jati

Lantai kayu sendiri terdapat dua jenis yaitu lantai kayu solid dan laminated. Dimana lantai kayu solid adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu asli sementara lantai kayu laminated adalah jenis lantai kayu dari serbuk kayu.

banyak jenis kayu yang sering digunakan untuk dijadikan lantai kayu parket. antaranya kayu Jati, merbau, sonokeling, sungkai, keruing, rengas, kempas, ulin dan bengkirai. Dan yang paling populer digunakan sebagai lantai kayu parket adalah jenis kayu Jati dan Merbau.

secara spesifikasi, kedua jenis kayu diatas memang memiliki kualitas yang hampir sama, dimana kayu jati memiliki tingkat kekerasan kelas II dan tingkat awet kelas I, dan kayu Merbau memiliki tingkat kekerasan kelas kelas I dan tingakt awet kelas II.

kedua jenis kayu ini lebih sering digunakan sebagai lantai kayu dalam ruangan atau indoor. Sementara untuk lantai kayu untuk wilayah luar ruangan kayu yang digunakan paling sering digunakan adalah kayu Bengkirai dan kayu Ulin.

bagaimana membedakan lantai kayu Merbau dan jati ?


untuk membedakan lantai kayu merbau dan kayu Jati sebetulnya sangat mudah, karena kedua jenis kayu ini memang cukup mencolok perbedaannya.
Cara membedakan lantai kayu Merbau dan Jati

misalnya dari segi corak kayu, lantai kayu Jati lebih memiliki corak yang random dan bergelombang. sangat bagus dan terkesan penuh nilai serni. sedangkan pada lantai kayu Merbau ini coraknya lebih lurus  dan tidak bergelombang.

dari segi warnapun terlihat jelas perbedaan karena keduanya sangat berbeda, dimana kayu Jati ini memiliki warna cerah dengan coklat kuning. sedangkan pada kayu merbau ini warnanya lebih gelap merah kecoklatan.

harga lantai kayu jati dan Merbau


dari segi harga, kedua lantai kayu ini memang tidak berbeda jauh karena cara kualitas hampir sama dan dari tempilan memiliki keunikannya sendiri, meskipun lantai kayu jati memiliki harga yang sedikit lebih tinggi.

contohnya saja harga lantai kayu untuk ukuran
1,5 x 9 x 30-90 cm kayu Merbau dibandrol dengan harga Rp. 420.000 sedangkan untuk kayu Jati antara Rp. 350.000 - Rp. 450.000 sampai Rp. 600.000 tergantung Grade pada lantai kayu Jati itu sendiri.

Berminat memasang lantai kayu jati atau merbau ?


bagi anda yang berminat memasang lantai kayu baik lantai kayu Jati atau lantai kayu Merbau, bisa langsung menghubungi kami atau bisa langsung berkungjung ke situs penjual lantai kayu di sini

Comments